Cara Tepat Jadi Content Writer atau Copywriter ? Apa perbedaan dan keterampilan yang harus dikuasai! Baca review lengkapnya di Notlern.com

 

Cara Tepat Jadi Content Writer atau Copywriter ? Apa perbedaan dan keterampilan yang harus dikuasai! Baca review lengkapnya di Notlern.com


Karena namanya yang mirip, profesi ini kerap membingungkan orang. Padahal, copywriter dan content writer memiliki pekerjaan yang berbeda. siapa mereka? Baca Tips Notlern selengkapnya


Perbedaan Content Writer dan Copywriter – Masih bingung membedakan Content Writer dan Copywriter? Ternyata keduanya sangat berbeda.



Karena namanya yang mirip, profesi ini kerap membingungkan orang. Padahal, penulis dan content writer memiliki pekerjaan yang berbeda. Jadi apa sebenarnya perbedaan antara keduanya? Lanjutkan membaca artikel ini sampai selesai! 





Apa itu content writer?

Mengutip Career Insight, seperti namanya, tugas content writer adalah menulis konten yang relevan untuk website atau sesuai permintaan klien.




Konten tertulis seringkali berupa artikel yang lebih panjang dan mendalam. Sebelum menulis artikel, seorang penulis konten akan mempertimbangkan untuk menggunakan kata kunci yang terkait erat dengan SEO. Tujuannya agar artikel dapat lebih mudah ditemukan oleh target audience di search engine.




Di beberapa perusahaan, penulis konten dimasukkan ke dalam departemen pemasaran karena artikel dipandang berpotensi membantu perusahaan memasarkan produknya melalui mesin pencari Google. Sedangkan di perusahaan media informasi murni, penulis konten termasuk dalam tim redaksi perusahaan. Secara umum, konten yang dibuat akan ditujukan untuk mengedukasi pembaca agar non-spesialis dapat memahami informasi yang lebih kompleks.

Keterampilan apa yang dibutuhkan penulis konten? Balas ke Notlern.com


Menurut Notlern.com, meskipun menjadi penulis konten terdengar mudah, Anda harus memiliki beberapa keterampilan yang dibutuhkan berikut ini. Siapa mereka? Berikut ulasannya; 


1. Mudah Beradaptasi

Milikilah kemampuan mudah beradaptasi. Kenapa? Karena setiap website memiliki karakternya masing-masing dan memiliki target audience atau pembaca yang berbeda, misalnya, gaya bahasa pada konten kesehatan tentu akan berbeda dengan gaya bahasa pada website yang berisikan informasi finansial. Itulah mengapa seorang content writer harus mampu beradaptasi.


2. Pengetahuan Search Engine Optimization (SEO)

Kamu wajib memiliki pengetahuan SEO. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sebelum memulai menulis seorang content writer harus mempertimbangkan SEO keyword yang akan digunakan di dalam konten tersebut oleh karena itu akan jauh lebih baik jika seorang content writer juga memiliki pengetahuan mengenai SEO dan terus update mengenai perubahan algoritma Google.


3. Kemampuan Mengalisis dan Riset

Milikilah kemampuan menganalisis atau riset yang bagus. Seorang content writer yang memiliki kemampuan riset yang baik akan lebih efektif dalam mendapatkan informasi dan dapat menghasilkan konten yang memiliki kredibilitas.


4. Fokus dan Terorganisir

selain tiga hal di atas, seorang content writer juga diharapkan mampu bekerja dengan fokus dan terorganisir sehingga ia dapat dengan mudah menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan deadline.


Apa itu copywriter?

Profesi copywriter juga menuliskan konten namun konten yang dituliskan lebih bersifat persuasif. Tujuannya adalah untuk membujuk penerima pesan atau pelanggan mengambil keputusan untuk menggunakan produk atau jasa perusahaan tersebut. Ads copy ini nantinya akan dipasangkan di berbagai platform seperti website dan sosial media perusahaan atau klien.


Seorang copywriter juga banyak terlibat dalam pembuatan teks atau script pada iklan TVC, radio, ataupun media lainnya termasuk juga dalam pembuatan sebuah jingle atau slogan sebuah perusahaan. Untuk menjadi seorang copywriter diperlukan seseorang yang bisa berpikir kreatif menemukan kata-kata unik tanpa mengurangi nilai informasi yang ingin diberikan.


Apa saja skills yang dibutuhkan oleh seorang copywriter? Simak Penjelasan lengkap Notlern.com

Berdasarkan Analisis norlern.com ada beberapa Skills yang dibutuhkan oleh seorang copywriter adalah sebagai berikut:


1. Kreatif

Kamu wajib punya jiwa kreatif. Seorang copywriter setidaknya harus mampu menciptakan sesuatu yang baru dan hal ini tentunya akan sangat menantang. Bahkan bukan tidak mungkin kamu mengalami kebuntuan dalam mencari kata yang menarik saat kamu dihadapkan oleh produk yang tidak familiar.


2. Rasa ingin tahu yang tinggi

Kamu harus punya rasa ingin tahu atau penasaran yang tinggi ketika kamu dihadapkan oleh satu produk yang baru bagimu. Maka rasa ingin tahu yang cukup tinggi akan diperlukan, pasalnya kamu perlu menggali lebih dalam mengenai produk tersebut hingga akhirnya dapat menghasilkan karya menarik.


3. Kemampuan menulis yang baik

Kamu juga harus memiliki kemampuan menulis yang baik. Selain content writer, seorang copywriter juga perlu memiliki kemampuan menulis dengan baik serta memiliki pengetahuan mengenai tata bahasa, tanda baca dan bahkan memiliki kosakata yang luas untuk memudahkan dalam menuangkan ide-ide yang original dan unik


4. Memahami User Experience atau pengalaman pengguna

disamping beberapa skill atau kemampuan diatas seorang copywriter juga perlu memiliki kemampuan untuk meriset memahami user experience atau pengalaman pengguna dan menghasilkan konten yang dapat menyentuh emosi pengguna di berbagai platform .


Kesimpulan

Pada dasarnya copywriter bertujuan untuk membuat konten yang lebih persuasif dan informatif, sedangkan content writer lebih cenderung membuat konten yang komprehensif dan informatif seperti artikel. Jadi jangan bingung keduanya dan pilih karier yang paling cocok untuk Anda. Semoga ini bermanfaat. kerja bagus-   

Good jobs😉



Post a Comment

Featured Post

5 Destinasi Liburan Favorit untuk Meriahkan Akhir Tahun

 5 Destinasi Liburan Favorit untuk Meriahkan Akhir Tahun Yuk Agendakan! Menyambut tahun baru dengan petualangan yang tak terlupakan di lima destinasi liburan favorit pilihan kami. Dari keindahan pantai Bali hingga kemegahan Gunung Everest, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Menara Eiffel, kebun binatang Kruger, dan merasakan keajaiban salju di Lapland. 5 Destinasi Liburan Favorit Akhir Tahun Berikut ini merupakan Destinasi Liburan Favorit yang patut anda masukan dalam Agenda Liburan Anda , Aoa Saja itu? Birikut Pilihannya ; 1. Pantai Bali, Indonesia Menikmati pasir putih dan air biru yang memikat sambil mengeksplorasi budaya Bali yang kaya. Yuk Segera Agendakan Liburan Anda untuk Menikmati keindahan pantai Bali, Indonesia dengan pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, dan pemandangan alam yang memukau. Jelajahi tempat-tempat indah seperti Pantai Kuta, Nusa Dua, atau Pantai Jimbaran. Rasakan suasana santai, bermain air, dan menikmati matahari terbenam yang menakjubkan d